Add And Follow Me

Jumat, 02 Oktober 2015

AMALAN KECIL BERPAHALA BESAR PADA HARI JUMAT




Asalamuallaikum… Lama tak jumpa, lama tak bersua semoga kita semua selalu dalam lindunganya Allah SWT. Berhubung ini hari jumat, hari yang begitu dimuliakan oleh Allah SWT dan Rasulnya dimana dihari jumat banyak sekali amalan-amalan sederhana yang berpahala mungkin sangat banyak dan kebanyakan orang kurang menyadari lalu mengabaikanya.

By The Way, pada penasaran gak sih gais ? kalo saya sih penasaran banget, namanya mau dapet pahala besar siapa yang menolak, “ibarat kucing dikasih ikan ya langsung di lahap” (tiba-tiba jadi laper). Haha *ada-ada saja penulis, Oke lah berhubung ini baru pembukaan mari sebelum anda melanjutkan membaca kita sama-sama membaca basmallah, sudah… yuk mari, semoga tulisan ini memberikan manfaaat kepada kita semua. Amin ya robbal alamin

Amalan Pertama MANDI UNTUK SHALAT JUMAT
Sabda Rasulullah Saw., “ Apabila ssalah seorang dari kalian hendak shalat Jumat, hendaklah ia mandi.” (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Ibn Umar r.a)
 Ibaratkan gini deh, kalau Allah tuh kekasih kita. Gimana ? anda mau ketemu kekasih anda tapi dalam keadaan kumal, kusam, tidak bersih, pastinya akan males donk (sayapun juga ogak kalo ketemu orang dekil) Haha. Begitu juga dengan Allah, Dia ingin bertemu dengan hambanya yang sudah dalam keadaan bersih, suci untuk bermunajat kepada dirinya.

Amalan Kedua MENGHADIRI SHALAT JUMAT LEBIH AWAL
 Banyak orang yang enggan menghadiri shalat Jumat lebih awal dengan alasan masih lama. You Know Guys? Padahal, banyak keutamaan dan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang datang terlambat.
Rasulullah Saw. Bersabda, “Pada hari jumat, para malaikat berdiri di pintu masjid sambil mencatat orang yangadatang dahulu, lalu sesudah itu. Perumpamaan orang-orang yang datang pada waktu yang paling awal adalah seperti orang yang berkurban seekor unta, berkurban sapi, berkurban kambing kibas, berkurban seekor ayam, lalu berkurban sebutir telur. Kemudian, apabila iamam sudah keluar (dalam satu riwayat), para malaikat itu melipat buku-buku catatanya dan mendengarkan dzikir (khutbah).” (HR Al-Bukhari dari Abu Hurairah r.a)

Amalam Ketiga MEMBACA SURAT AL KAHFI
Mengenai keutamaan pahala membaca Surat Al-Kahfi ini, khususnya pada hari Jumat, disebutkan dalam sebuah hadist Nabi Saw., “Barang siapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, Allah akan memancarkan cahaya untuk dirinya antara dua Jumat.” (HR Al-Baehaqi dan Al-Nasa’I, disahihkan oleh Al-Hakim dan Al-Albani)
Disebutkan juga keutamaanya bagi yang bisa menghafal 10 ayat, pertama atau terakhir surat ini, dari Abu Darda r.a., bahwasanya Rasulullah Saw. Bersabda, “Barang siapa hafal 1- ayat dari permulaan Surat Al-Kahfi, niscaya ia terpelihara dari godaan dajal.” Dalam riwayat lain dikatakan, “Sepuluh ayat dari akhir Surat Al-Kahfi”. (HR Muslim)

Amalan Keempat ZIKIR SETELAH SHALAT JUMAT
Selai doa dan bacaan lainya, setelah shalat Jumat disunnahkan membaca Surah Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas, yang masing-masing tujuh kali. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan dari A’isyah r.a., ia mengatakan bahwa Rasulullah Saw. Bersabda, “Barang siapa setelah shalah Jumat membaca, Qul a’udzu bi Rabbi al-nas, sebanyak tujuh kali, niscaya Allah Azza wa Jalla memeliharanya dari kejahatan hingga Jumat mendatang.” (HR. Ibn Sunni)

Amalan Kelima MEMPERBANYAK DOA PADA HARI JUMAT
Ada beberapa hadist yang menyatakan bahwa hari Jumat itu adalah hari yang paling baik dan dianjurkan memperbanyak doa pada hari tersebut :
Dari Abu Sa’id serta Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi Saw. Bersabda, “Pada hari Jumat itu ada saat ketika tidak seorang Muslim yang memohon sesuatu kebaikan kepada Allah Ta-ala dan waktunya bertepatan dengan saat itu, melainkan pasti Allah akan mengabulkan permohonanya. Dan saat itu ialah sesydah ‘Ashar.” (HR Ahmad dan menurut ‘Iraqi hadist ini sahih)
Demikian guys yang bisa saya share, kurang lebihnya mohon maaf, maklumlah masih belajar dalam beragama yang baik. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk diri kita pribadi, syukur-syukur artikel ini disebar biar banyak orang yang mengerti dan paham apa saja amalan kecil berpahala besar pada hari jumat. Wasalamuallaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar